Jumat, 20 Juli 2012

Sejarah Universitas Sebelas Maret (UNS)


Universitas Sebelas Maret atau yang sering kita dengar dengan sebutan UNS adalah sebuah universitas yang terletak di surakarta yang diresmikan 11 maret 1976, UNS awalnya merupakan 5 perguruan tinggi di surakarta yang memiliki tujuan untuk memajukan kualitas pendidikan di surakarta, dan denger – denger dari dosen saya sendiri bahwa tujuannya dibangun UNS agar orang solo bisa sekolah d kotanya sendiri tidak perlu keluar kota .pembangunan secara fisik dimulai pada tahun
1980 di bawah pimpinan dr.Prakosa kampus yang semula terletak di beberapa tempat mulai disatukan disatu tempat didaerah kentingan, tepi sungai bengawan, dengan cakupan area sekitar 60 hektar yang notabennya adalah bekas kuburan cina. didaerah kentingan inilah, pembangunan uns tahap pertama selesai pada tahun 1985.
pembangunan fisik uns yang cepat juga diimbangi dengan perkembangan di sektor lain. sejarah uns tahun 1986, Prof. Dr. Koento wibisono selaku rektor selanjutnya meletakkan dasar-dasar percepetan percepatan pertumbuhan, Pada masa ini, perubahan telah terjadi, seperti perkembangan yang cukup bagus dalam bidang akademik dan jumlah staf uns, juga dalam penguatan infrastruktur kampus.
Setelah Prof. Haris Mudjiman, Ph.D menjadi rektor berikutnya, percepatan UNS dimulai untuk melangkah ke arah yang lebih baik. Semangat dan komitmen yang tinggi untuk melakukan perubahan sangatlah dibutuhkan untuk membuat kemajuan di setiap sisi kehidupan UNS. Efek dari perubahan tersebut sangatlah mengesankan.
Sekarang ini, UNS Solo merupakan universitas muda dengan pertumbuhan yang luar biasa. Dengan berbagai potensi yang ada, misal seperti dokter bedah kulit dengan reputasi nasional (Fakultas Kedokteran), penemuan starbio dan padi tahan garam (Fakultas Pertanian), dan beberapa kemajuan yang terjadi di setiap fakultas dan unit-unit kerja lainnya. UNS juga melakukan langkah maju dalam perkembangan teknologi informasi. Dengan ekspansi jaringan teknologi informasi yang lebih besar lagi, Pusat Komputer UNS Solo membuat torehan sejarah uns dalam buku kemajuan dan perkembangan UNS. Torehan-torehan sejarah yang lebih mengesankan lainnya akan terjadi seiring dengan pertumbuhan dan perkembangan universitas ini.
Sekarang ini UNS solo memiliki 9 Fakulta yang memiliki kelebihan masing – masing, misi UNS sekarang ini adalah menjadi World Class University. Go Jaya terus UNS ku

Tidak ada komentar:

Posting Komentar